Layanan Informasi

PERMOHONAN IZIN

  1. Surat Rekomendasi Gambar dan Spesifikasi Alat Pemadam Kebakaran

  2. Surat Keterangan Layak Operasional

 

SOP PELAYANAN INFORMASI

A. Surat Rekomendasi Gambar dan Spesifikasi Alat Pemadam Kebakaran

         1. pemohon mengajukan permohonan ditujukan kepada Kepala Dinas dilampiri persyaratan administrasi;

  1. setelah berkas permohonan diteliti dan dinyatakan lengkap oleh bidang Pencegahan, maka berkas permohonan diagendakan di Sekretariat dan diproses melalui Bidang Pencegahan; dan
  2. apabila berkas permohonan memenuhi persyaratan administrasi dan teknis maka diterbitkan Surat Rekomendasi Gambar dan Spesifikasi Alat Pemadam Kebakaran untuk diserahkan kepada pemohon.

 

B. Surat Keterangan Layak Operasional

         1. pemohon mengajukan permohonan ditujukan kepada Walikota Semarang cq. Kepala Dinas dilampiri persyaratan administrasi;

  1. setelah berkas permohonan diteliti dan dinyatakan lengkap oleh bidang Pencegahan, maka berkas permohonan diagendakan di Sekretariat dan diproses melalui Bidang Pencegahan; dan
  2. apabila berkas permohonan memenuhi persyaratan administrasi, maka dilakukan pengecekan lokasi oleh petugas seksi Inspeksi Dinas Pemadam Kebakaran.
  3. setelah diadakan pengecekan, maka petugas segera membuat BAP (Berita Acara Pemeriksaan), SKRD, serta Surat Keterangan Layak Operasional (apabila sudah memenuhi standar teknis).
  4. pemohon membayar SKRD yang telah di tetapkan melalui Bendahara Penerimaan Dinas.
  5. BAP, Bukti Pembayaran dari Kasda, dan Surat Keterangan Layak Operasional diserahkan kepada pemohon.

 

 

SOP KEBERATAN

  1. penyampaian pengaduan, saran dan masukan yang berkaitan dengan pelayanan disampaikan melalui:
    1. pengaduan langsung melalui petugas piket jaga.
    2. pengaduan tidak langsung melalui media sebagai berikut:

a. kotak saran;

b. email :

c. semarangkota@gmail.com;

d. damkarsmg113@gmail.com;

e. twitter : @damkarsmg113;

f. instagram : damkarsemarang;

g. layanan pengaduan online semisal LAPOR!; dan

h. media massa.

  1. tata cara penanganan pengaduan, saran dan masukan
    1. pengaduan langsung:

a. masyarakat sebagai pengadu mengisi form pengaduan yang tersedia untuk disampaikan kepada Kepala Dinas  Pemadam Kebakaran cq. Kepala Bidang Pencegahan melalui petugas piket jaga.

b. Kepala Bidang Pencegahan menindaklanjuti pengaduan dengan melakukan rapat koordinasi dan cek lapangan (apabila diperlukan); dan

c. Kepala Bidang Pencegahan menyampaikan hasil penyelesaian pengaduan kepada Masyarakat sebagai pengadu dan dilaporkan kepada Kepala Dinas.

                     2. pengaduan tidak langsung (melalui media surat atau kotak saran):

a. pengaduan masyarakat diagendakan oleh Sekretariat untuk disampaikan kepada Kepala Dinas;

b. Kepala Dinas mendisposisi pengaduan kepada Kepala Bidang Pencegahan melalui Sekretaris;

c. Kepala Bidang Pencegahan menindaklanjuti pengaduan dengan melakukan rapat koordinasi dan cek lapangan (apabila diperlukan); dan

d. Kepala Bidang Pencegahan menyampaikan hasil penyelesaian pengaduan kepada masyarakat sebagai pengadu dan dilaporkan kepada Kepala Dinas.

                     3. pengaduan tidak langsung melalui media sosial:

a. pengaduan masyarakat melalui media sosial seperti website, email, twitter, Instagram, layanan pengaduan online (semisal LAPOR!), dan media massa dicatat oleh petugas admin untuk disampaikan kepada Kepala Dinas Pemadam Kebakaran;

b. Kepala Dinas mendisposisi pengaduan kepada Kepala Bidang Pencegahan;

c. Kepala Bidang Pencegahan menindaklanjuti pengaduan dengan dilakukan rapat koordinasi dan cek lapangan (apabila diperlukan);

d. Kepala Bidang Pencegahan melaporkan hasil penyelesaian pengaduan kepada Kepala Dinas Pemadam Kebakaran melalui Sekretaris; dan

e. Sekretaris menginformasikan hasil penyelesaian pengaduan melalui media sosial.

 

  1. mekanisme pengaduan masyarakat

a. Masyarakat sebagai Pengadu menyampaikan pengaduan masyarakat ditujukan kepada Walikota cq. Kepala Dinas

b. Bidang Pencegahan melakukan Rapat Koordinasi dan cek lapangan (apabila diperlukan)

c. Melaporkan hasil koordinasi dan cek lapangan kepada Kepala Dinas

d. Menginformasikan hasil koordinasi dan cek lapangan kepada Masyarakat sebagai Pengadu

Jl.Madukoro Raya No.6 Kelurahan Krobokan,
Kecamatan Semarang Barat
Phone: 024-113 / 024-7607076 / 024-7605871
Fax: 024-7607225
Email: damkarsmg113@gmail.com

Langganan ke newsletter kami untuk mendapatkan berita penting dan penawaran terbaik: