Tugas dan Fungsi PPID

Tugas dan Fungsi PPID

 

TUGAS PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID)  PEMBANTU DI LINGKUNGAN DINAS PEMADAM KEBAKARAN

KOTA SEMARANG

 

No

Kedudukan Dalam PPID

Tugas

1

2

3

1

Pengarah Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu

a.   Melakukan pembinaan terhadap pelaksanaan layanan informasi publik;

b.   Melakukan monitoring dan pengawasan terhadap pelaksanaan layanan informasi publik;

2

Atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu

a.   Mengkoordinasikan seluruh kegiatan pelayanan informasi publik di lingkungan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang;

b.   Menerima pengajuan keberatan yang disampaikan ecara tertulis oleh pemohon informai publik serta mengikuti proses ata sengketa informasi yang diajukan oleh pihak pemohon;

c.    Melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap pelaksanaan layanan informasi publik;

 

3

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu

a.   Mengkoordinasikan dan mengkonsolidasikan pengumpulan bahan informasi dan dokumentasi dari PPID Pembantu;

b.   Menyimpan,mendokumentasikan,menyediakan dan memberi pelayanan informasi publik;

c.    Melakukan verifikasi bahan informasi publik;

d.   Melakukan uji konsekuensi atas informasi yang dikecualikan dengan berdasarkan aturan yang berlaku dan analisa kajian terhadap data dan informasi terkait;

e.    Melakukan pemutakhiran atau pembaharuan informasi dan dokumentasi;

f.     Menyediakan informasi dan dokumentasi untuk diakses oleh masyarakat;

g.    Menolak memberikan informasi yang dikecualikan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan;

h.   Menolak memberikan informasi apabila tidak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan;

i.     Meminta dan memperoleh informasi dari unit kerja di lingkungan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang;

j.     Memberikan pertimbangan dan kajian cakupan pemberian, informasi, tujuan permintaan informasi serta mekanisme pemberian informasi;

k.   Membuat, mengumpulkan, serta memelihara informasi dan dokumentasi sesuai dengan kebutuhan tugas pokok dan fungsi organisasi;

l.      Mengkoordinasikan pemberian pelayanan informasi antara PPID Pembantu dan/ atau pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Dinas Pemadam Kebakaran  Kota Semarang.

 

4

Sekretaris Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)

a.   Mengkoordinasikan penyusunan program pengelolaan informasi dan dokumentasi;

b.   Mengkoordinasikan dan mengkonsolidasikan pengumpulan informasi dan dokumentasi;

c.    Melaksanakankoordinasi dalam rangka penyediaan dan pelayanan informasi publik;

d.   Melaksanakan koordinasi dalam rangka pemberian pelayanan informasi dan dokumentasi;

e.    Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan pengelolaan informasi dan dokumentasi;

f.     Mengadministrasikan pelayanan informasi dan dokumentasi.

 

5

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu Bidang Pelayanan dan Pengelolaan Informasi

a.   Melaksanakan perencanaan program dibidang pelayanan dan pengelolaan informasi;

b.   Melaksanakan pelayanan informasi dan pengelolaan informasi;

c.    Melaksanakan pengelolaan dan pengembangan dibidang informasi dan dokumentasi pelayanan publik;

d.   Mengelola sistem informasi dan dokumentasi;

e.    Menyediakan informasi dan dokumentasi dalam rangka pelayanan informasi publik;

f.     Menyiapkan dan memelihara dokumentasi dan informasi publik.

 

6

Pejabat Pengelola Informasi  dam Dokumentasi (PPID) Pembantu Bidang Pengolahan Data dan Dokumentasi

a.   Melaksanakan perencanaan program dibidang pengolahan data dan dokumentasi;

b.   Melaksanakan konsultasi klasifikasi informasi publik;

c.    Melaksanakan inventarisasi pengklasifikasian informasi dan dokumentasi;

d.   Menyusun pertimbangan tertulis atas setiap kebijakan dalam rangka memenuhi permohonan informasi;

e.    Menyiapkan dan memelihara dokumentasi;

 

7

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu Bidang Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa Informasi

a.   Melaksanakan perencanaan program bidang pengaduan dan penyelesaian sengketa informasi;

b.   Melaksanakan koordinasi dalam rangka penanganan penyelesaian sengketa informasi;

c.    Melaksanakan verifikasi, laporan, dan rekomendasi atas pengaduan atau keberatan/mediasi/ajudikasi informasi;

d.   Melaksankan advokasi penyelesaian mediasi/ajudikasi informasi.

Jl.Madukoro Raya No.6 Kelurahan Krobokan,
Kecamatan Semarang Barat
Phone: 024-113 / 024-7607076 / 024-7605871
Fax: 024-7607225
Email: kebakaran.semarangkota@gmail.com
damkarsmg113@gmail.com

Langganan ke newsletter kami untuk mendapatkan berita penting dan penawaran terbaik: